Wednesday, July 31, 2013

Penderita hypotensi masuk

Sekedar share dan curhat aja sih,,
Ada yang pernah mengalami gejala seperti saya ini gak sih :
Terkadang (gak sering) setelah terlalu lama duduk, jongkok ataupun tidur dan pas kita berdiri langsung ngerasa pusing, pandangan mata kabur dan bahkan merasa mau pingsan?? Klo orang jawa bilang "nggliyeng"...
 Klo ada yang pernah mengalami juga, ini saya bantu share tentang gejala apa sih itu dan bagaimana proses terjadinya, monggo :

Jadi gejala yang saya sebut diatas itu namanya postural hypotension gejala tersebut merupakan salah satu gejala-gejala yang dialami oleh penderita hypotensi atau tekanan darah rendah. Selain postural hypotension ada gejala hypotensi lain yang paling umum diketemukan yaitu Postprandial Hypotension dan Neurally Mediated Hypotension.

Untuk pembahasan kali ini saya hanya akan share tentang gejala postural hipotension yang saya alami dan mungkin banyak diluar sana yang punya cerita serupa.

Jadi pada jenis postural hipotensi ini, disebabkan tekanan darah mungkin turun mendadak karena perubahan posisi tubuh, biasanya saat sedang berdiri dari posisi duduk atau dari posisi berbaring. Orang yang mengalami perasaan seperti mau pingsan, pusing dan pandangan kabur setiap kali ia berdiri dari posisi duduk atau dari posisi berbaring, mungkin mengalami hipotensi postural Biasanya tubuh mengkompensasi penarikan darah ke arah bawah karena gaya grafitasi dengan cara meningkatkan laju detak jantung untuk memastikan distribusi darah ke otak dalam jumlah cukup. Pada hipotensi postural, tekanan darah turun karena jantung tidak memompa cukup darah sehingga terjadi kekurangan oksigen di otak yang menyebabkan timbulnya gejala rasa pusing bahkan pingsan Orang lanjut usia biasanya mengalami hipotensi postural khususnya mereka yang berusia diatas 60 tahun. Namun hipotensi ini juga dapat terjadi pada orang muda, tanpa bahaya tertentu karena sirkulasi darah yang kurang lancar akibat terlalu lama duduk atau jongkok. Dehidrasi temperatur panas, kehamilan, saat-saat badan capek juga dapat menyebabkan hipotensi postural Kadangkala obat-obat yang ditelan untuk mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi) seperti beta blocker dan diuretic juga dapat menjadi salah satu penyebab hipotensi.

Yaa mungkin cuma sebatas ini yang bisa share semoga dengan kita mengerti dan mengetahui adanya gejala pada tubuh kita, bisa dijadikan evaluasi terhadap kesehatan dan pola hidup kita. Jadi tidak ada istilah tentang kalau orang darah rendah lebih enak daripada darah tinggi, yang namanya sakit gak ada yang enak haha :)))

No comments:

Powered By Blogger